Gaji Presiden SBY Tidak Bisa Dibandingkan Dengan Direktur BUMN

Posted by Aneh Semua - - 2 comments
SUKA DENGAN ARTIKEL INI ?

Gaji Presiden SBY Tidak Bisa Dibandingkan Dengan Direktur BUMN
Gaji Presiden SBY Tidak Bisa Dibandingkan Dengan Direktur BUMN - Besaran gaji presiden tidak bisa disesuaikan dengan gaji Pejabat Bank Indonesia atau Direktur BUMN. Pasalnya BI dan BUMN mempunyai sumber pendanaan yang berbeda atau tidak menggunakan APBN.

"BUMN dan BI sudah keluar dari struktur pegawai dan pejabat negara, dan tidak menggunakan anggaran negara, terpisah," ujar Deputi SDM Aparatur Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Eamli Effendi Naibaho, 28 Januari 2011.aneh semua

Menurut dia, penataan gaji presiden disesuaikan dengan gaji pejabat negara lain yang sumber penghasilannya dari APBN. Meski kesenjangan yang lebar antara presiden dan Gubernur BI akan tetap terjadi, namun gaji pejabat BI akan dijadikan referensi bagi penyesuaian gaji presiden.

Tak hanya presiden, pemerintah akan menyesuaikan gaji 8000 pejabat negara. Beberapa penyesuaian itu dilakukan dengan memberikan evaluasi pencapaian kinerja, penataan penggajian pejabat negara. Dia mencontohkan banyak pejabat non struktural yang muncul seperti Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial.

Selain itu besaran gaji pejabat negara itu belum mempunyai standar khusus, seperti keadilan dan kelayakan seusuai dengan beban kerja dan risiko masing-masing.

"Masa lulusan SD sama dengan sarjana, masa kerja 1 jam sama dengan kerja 3 jam, masa pegawai yang kerja-nya di luar sama dengan di dalam ruangan," ujarnya.

Dengan adanya tingkatan-tingkatan itu, seharusnya gaji presiden memang menjadi paling tinggi dibanding dengan pejabat negara lain. Pejabat negara itu salah satunya lembaga yudikatif, legislatif, BPK, dan lain-lain. Pengalaman di negara lain menunjukkan penghasilan tertinggi pejabat negara juga dipegang oleh presiden.

2 Responses so far.

  1. Alam says:

    Bagus nih ide, menaikkan gaji pejabatnya..tapi yang diperas staff bawahan yang gajinya kembang kempis...yg dapat enaknya cuman bos aja...bawahan biar saja mati kelaparan....peduli amat...yg penting bos senang...

  2. gaji dpikirin...rakyatnya mnderita kagak dpikirin...inget prtanggung jawabanmu nanti Le'...!!!

Leave a Reply