Harian Malaysia, Lecehkan RI dengan Sebutan ‘Indon’, Indonesia Protes

Posted by Aneh Semua - - 0 comments
SUKA DENGAN ARTIKEL INI ?

Harian Malaysia, Lecehkan RI dengan Sebutan ‘Indon’, Indonesia Protes
Harian Malaysia, Lecehkan RI dengan Sebutan ‘Indon’, Indonesia Protes - Malaysia sepertinya tidak pernah puas melecehkan bangsa ini. Salah satu media cetak di sana, menulis kata ‘Indon’ untuk sebutan Republik Indonesia dalam salah satu judul berita utamanya.
Kata ‘Indon’ yang terkesan negatif tersebut, tentu saja bikin berang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. Surat protes pun langbsung di layangan ke redaksi Berita Harian tersebut.

“Kami kecewa dan protes dengan penggunaan kata `Indon` sebab kedua kepala negara telah sepakat untuk tidak menggunakan kata tersebut termasuk di media massa,” kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya, Suryana Sastradiredja di Kuala Lumpur, Rabu (2/2/2011).aneh semua

Media “Berita Harian” menuliskan berita berjudul “Taktik Kotor Indon” terkait penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Sea Games pada November mendatang.

Rubrik olahraga harian tersebut edisi Rabu (2/2) berisi hasil wawancara dengan Wakil Presiden Majelis Olimpiade Malaysia (MOM), W Y Chin yang menyebutkan Indonesia sebagai tuan rumah Sea Games XXVI banyak mengikutsertakan cabang olahraga yang menguntungkan atlit-atlitnya.
Hal tersebut, menurut dia, dapat merusak hubungan kedua negara, bangsa dan rakyatnya. “Kata `Indon` sangat menghina dan memalukan. Kami akan kirim nota protes ke `Berita Harian` dan mempertanyakan tujuan dari penggunaan kata-kata tersebut,” kata Suryana.

Ia mengatakan, wartawan tentulah orang intelek dan punya intelijensia yang peka terhadap hubungan kedua negara, kecuali penulisan tersebut mempunyai maksud lain. “Kami minta penulisan ini tidak terulang dan penulisnya harus ditindak tegas,” tegas Suryana.

Ia mengungkapkan, selama ini harian tersebut kerap mengggunakan kata “Indon” dalam pemberitaannya yang terkait dengan Indonesia. (ans)

Leave a Reply