Piala FA Akan Dipajang di PRJ

Posted by Aneh Semua - - 0 comments
SUKA DENGAN ARTIKEL INI ?

Ada yang berbeda dari Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2011 yang baru saja dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (9/6) malam. Penyelenggara pesta rakyat tahunan ini akan mendatangkan Piala FA dari tanah Inggris.

Tentu piala yang setiap tahun diincar oleh klub-klub dari tiga kasta kompetisi di Inggris ini tak akan menjadi rebutan pengunjung, apalagi klub sepak bola di Indonesia. Namun, penyelenggara bekerja sama dengan Big Cola akan memajang Piala FA di stan milik produsen minuman ringan asal Inggris tersebut.

Manager Humas Jakarta Fair 2011 Dinar Hanggarani menjelaskan, Piala FA juga akan diarak dari stan Big Cola ke Panggung Budaya Gambir. "Pengunjung dapat berfoto dengan Piala FA," ujarnya kepada Republika, Jumat (10/6). Ajang sesi foto itu dijadwalkan terbuka bagi pengunjung PRJ pada 24, 25, dan 26 Juni.

Selama 32 hari, terhitung mulai 9 Juni lalu, PRJ yang digelar untuk menyambut HUT ke-484 DKI Jakarta ini, bakal berlangsung. Sedikitnya 2.600 perusahaan dengan 1.300 stan akan meramaikan PRJ. Perusahaan yang ikut mulai dari usaha kecil dan menengah (UKM), BUMN, hingga perusahaan multinasional.

Beragam produk tersedia di sana, seperti mobil, motor, rokok, elektronik, sport & health, makanan, minuman, sepatu, branded fashion, dan jasa. Namun, untuk PRJ kali ini banyak didominasi perusahaan otomotif dan properti.

Agar ajang Jakarta Fair bertambah meriah, penyelenggara menyajikan Pentas Musik 32 Hari Nonstop, yang menampilkan 150 grup band top Ibu Kota dan 100 grup band pendukung. Untuk akhir pekan ini, panggung musik PRJ akan dimeriahkan oleh Geisha, Vierra, Naif, dan Upstair.

Di hari yang lain, pengunjung PRJ akan dihibur penampilan Iwan Fals, Slank, Ada Band, Sheila On 7, d'Masiv, Cokelat, Afgan, Smash, Nidji, dan masih banyak lagi band-band terkenal lain. Untuk pengunjung yang membawa anak, jangan khawatir.

PRJ juga banyak menyediakan sarana hiburan anak-anak, seperti permainan bom-bom car, perahu air, komedi putar, hingga bianglala. Tersedia juga stan-stan penjual peralatan sekolah, mainan anak-anak, ataupun aneka cemilan untuk anak.

Dinar mengatakan, PRJ kali inipun akan dibanjiri hadiah. Bagi pengunjung yang berbelanja di tenant-tenant yang bekerja sama dengan Scratch & Win akan diberikan satu kupon gosok berhadiah langsung. Setiap hari pengunjung disediakan hadiah empat unit mobil, 16 unit sepeda motor, 60 unit ipad, dan 100 unit Blackberry. "Jumlah total hadiah dalam sebulan sebesar Rp 11 miliar," kata Dinar.

PRJ dibuka setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 22.00 WIB pada hari biasa dan pukul 10.00 hingga 23.00 WIB untuk akhir pekan. Tiket masuk dibandrol sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni Rp 15 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk hari libur.

Hingga kemarin sore belum terlihat banyak pengunjung di lokasi PRJ. Mereka yang berada di PRJ didominasi oleh penjaga stan. Sebagian stan bahkan terlihat masih sibuk menata barang yang akan dipamerkan atau dijual. Ada pula beberapa stan yang masih tutup.

Sementara di loket tidak terlihat antrean. Hanya tampak beberapa remaja yang membeli tiket. Usma (42 tahun) rela berpanas-panasan datang ke PRJ demi menghibur anak-anaknya yang sedang libur sekolah. Dia mengaku, baru pertama kali mengunjungi pesta rakyat ini. "Ya penasaran saja," ujar ibu tiga anak ini.

Warga Bintaro, Tangerang Selatan, ini datang bersama seluruh anaknya, adik, dan dua keponakan. Usma rela mandi sinar matahari karena tak ingin menyusahkan anak-anaknya bila datang pada malam hari. Lagi pula rumahnya jauh dari arena PRJ.

Penyelenggara menargetkan pengunjung yang hadir ke PRJ mencapai empat juta orang dengan transaksi sekitar Rp 3,5 triliun. Dinar mengatakan, panitia menyediakan shuttle bus gratis dari Parkir IRTI Lapangan Monas ke Arena PRJ setiap 30 menit sekali demi memudahkan akses pengunjung. Lahan parkir yang tersedia sanggup menampung lebih dari 10 ribu mobil dan 15 ribu sepeda motor.

Untuk pengamanan PRJ, Direktur Marketing PRJ Kemayoran Ralph Schueneman akan menempatkan 1.000 personel keamanan. Jumlah tersebut belum ditambah personel keamanan dari internal PT JIExpo sebanyak 200 orang.

Dengan pengamanan yang ektraketat, Ralph berharap dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. "Kami menerapkan manajemen keamanan terpadu yang melibatkan TNI, Kodam Jaya, Polri, Marinir, dan Satpol PP," katanya. c10 ed: budi raharjo

Leave a Reply