Inilah Kamera Transparant Tanpa Kaca

Posted by Aneh Semua - - 0 comments
SUKA DENGAN ARTIKEL INI ?

Inilah Kamera Transparant Tanpa Kaca
Bingung kan dengernya ? Kamera selalu identik dengan penggunaan lensa atau kaca. Nah khusus untuk kamera SLR atau yang bisa kita sebut Single Lens Reflex, menggunakan semacam mirror atau kaca pemantul untuk meneruskan cahaya dan objek yang kita potret Terlepas dari semakin banyaknya pengguna kamera SLR terutama DSLR di kalangan anak muda, kamera ini ternyata memiliki kelemahan tersendiri di mata fotografer profesional maupun amatir. Kamera SLR masih terlalu besar dan berat bagi mereka yang menginginkan kemudahan dalam menikmati liburan atau waktu bersantai.

Dengan kondisi diatas maka vendor pengembang kamera mulai memikirkan bagaimana menciptakan kamera sekelas DSLR yang lebih kecil dan ringan, tentunya dengan hasil dan kemampuan setara DSLR. Ide itu pun berbuah kamera jenis baru yang disebut Mirrorless Lens Camera (MILC). Kamera ini juga sering disebut sebagai Mirrorless System Camera (MSC) atau cukup mirrorless camera. Kenapa bisa disebut Mirrorless? karena kamera ini memiliki komponen layaknya kamera DSLR kecuali komponen single – lens – reflex alias kaca pemantul. Komponen kaca pemantul inilah yang dihilangkan di mirrorless camera. Alhasil, dudukan lensa bisa didesain sedekat mungkin dengan sensor. Desainer kamera masih menghadapi tantangan untuk menempakan sensor kamera seukuran DSLR pada MSC ini, namun secara keseluruhan mirrorless camera memiliki desain yang mirip dengan kamera pocket/kompak.




Tak ada gading yang tak retak, begitu juga kamera jenis MSC ini. Konsekuensi yang harus ditanggung mirrorless camera adalah pertama, mayoritas mirrorless camera tidak memiliki viewfinder, sehingga harus mengandalkan live View. kedua, sensor besar pada SLR membutuhkan diameter Lensa yang besar pula, sehingga terlihat pada body mirrorless camera tidak seimbang dengan ukuran lensanya. Yang ketiga adalah mirrorless camera membutuhkan lensa khusus dikarenakan mirrorless camera memiliki dudukan kamera/ bayonet yang berbeda jika ingin menggunakan kamera DSLR.

Nah bagaimana, apakah kalian tertarik untuk membeli kamera jenis ini? Semua ada kekurangan dan kelebihannya, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kita aneh semua

Leave a Reply